ASPEK ASPEK LATIHAN

Prinsip – prinsip Pelatihan
Prof. Drs. Harsono, M. Sc
 
Tau gak apa tujuan utama pelatihan olahraga prestasi?
Tujuan utama pelatihan olahraga prestasi adalah untuk meningkatkan keterampilan atau prestasi semaksimal mungkin. Untuk mencapai tujuan itu, ada empat (4) aspek latihan yang perlu dilatih secara seksama, yaitu ; (1) fisik, (2) teknik, (3) taktik, (4) mental. Pelaksanaan pelatihan haruslah berlandaskan pada prinsip – prinsip pelatihan yang telah teruji keterandalannya berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman dalam pembinaan di lapangan.
  1. Aspek – aspek Latihan
  • Latihan fisik
Apa yang disebut latihan fisik?Latihan fisik adalah latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi fisik, yaitu faktor yang amat penting bagi setiap atlet. Tanpa kondisi fisik yang baik atlet tidak akan mengikuti latihan –latihan, apalagi bertanding dengan sempurna. Beberapa unsur kemampuan fisik dasar perlu dikembangkan antara lain ialah kekuatan, daya tahan, kelentukan, kelincahan dan kecepatan.

 
  • Latihan teknik
Latihan teknik bertujuan untuk mempermahir penguasaan keterampilan gerak dalam suatu cabang olahraga, seperti misalnya teknik menendang, melempar, menangkap, menggiring bola, melompat,mensmes, lari, dsb. Penguasaan keterampilan dari teknik – teknik dasar amatlah penting karena akan menentukan kemahiran melakukan keseluruhan gerak dalam suatu cabang olahrga. Agar seseorang mahir bermain bola voli misalnya, terlebih dahulu ia harus terampil melakukan beberapa teknik dasar seperti servis, pas, smes dan blok.
  • Latihan taktik
Latihan taktik bertujuan untuk mengembangkan dan menumbuhkan daya tafsir pada atlet ketika melaksanakan kegiatan olahraga yang bersangkutan. Yang dilatih adalah pola – pola permainan, strategi dan taktik pertahanan dan penyerangan. Latihan taktik akan bisa berjalan mulus apabila teknik dasar sudah dikuasai dengan baik dan atlet mempunyai tingkat kecerdasan yang baik pula.
  • Latihan mental
Latihan mental sama pentingnya dengan ketiga aspek tersebut di atas. Sebab betapa sempurnapun perkembangan fisik, teknik, serta taktik atlte, apabila mentalnya tidak turut berkembang, prestasi tinggi tidak mungkin dapat dicapai.
Latihan mental adalah latihan yang lebih banyak menekankan pada perkembangan kedewasaan (maturitas) serta emosional atlet, seprti semangat bertanding, sikap pantang menyerah, keseimbangan emosi terutama bila berada dalam posisi stres, fair play, percaya diri, kejujuran, kerjasama serta sifat – sifat positif lainnya.

2 Response to "ASPEK ASPEK LATIHAN"

Dr.Dikdik Zafar Sidik, M.Pd. mengatakan...

Tulisan ini bagus sekali untuk dikembangkan.

beberapa pertanyaan penting yang perlu dijawan kemudian adalah : latihan fisik apa yang dibutuhkan oleh seorang pemain basket (c.q. on position)?, latihan fisik apa yang harus diberikan ketika dihadapkan pada Periodisasinya (TPU, TPK, TPP, atau TPUt)? Latihan fisik apa yg diberikan jika terjadi selama pertandingan yang berselang (training on the road)? latihan fisik apa yg harus diberikan ketika dihadapkan pada kebutuhan Taktik/Strategi?
Kemampuan Fisik dan Psikis adalah komponen yg tidak bisa dipisahkan, sehingga pelatihan fisik harus dapat membangun kemampuan psikis (mental) yang menjadikan pemain "taft", begitu pula sebaliknya..

Salam olahraga.

Adm. Cbtc mengatakan...

To Dr. Dikdik Zafar Sidik, M.Pd

Salam Olah raga

Terima kasih masukannya mudah" apa kami yg ditulis bermanfaat buat yang membaca dan kami menunggu artikel dari bapak yg bisa di postingkan di blog kami

 
powered by Blogger | For Blogservices