DRIBBLING


Dribbling adalah salah satu yang paling mendasar keterampilan yang harus dipelajari. Tidak hanya penting untuk mengetahui bagaimana caranya menggiring bola dengan baik, tetapi sangat penting untuk mengetahui kapan, dan jika tidak, untuk dribble. Seorang pemain harus mempunyai  kemampuan dribbles yang baik saat team bergerak menyerang. Untuk menjadi lebih baik pemain medribble/menggiring bola serta penguasaan  bola, pemain harus berlatih dribbling sesering mungkin dan melakukan dengan tangan kiri atau kanan sehingga hasilnya akan seimbang kemapuan dribble kedua tangan.

Dalam permainan bola basket  dribble berguna untuk :
  1. Sebagai senjata disaat melakukan penyerang / Offense kearah ring/basket lawan..
  2. Untuk menghindari tekanan dan berusaha untuk dapat melewati  pemain lawan yang bertahan / Deffense.
  3. Untuk mendapatkan peluang agar bias melakukan Shoot / meleparkan bola le arah basket.
  4. Untuk membuka jalus passing agar dalam melakukan passing dengan baik.
  5. Untuk mengulur atau tempo permainan mejelang akhir pertandingan.
Cara mendribel
Dalam melakukan dribble yang harus perlu diingat sedini mungkin adalah cara memegang bola adalah dengan ujung jari  bukan dari tangan tangan anda, bola basket dipantulkan kelantai dengan tekanan dari jari tangan dan pergelangan tangan serta posisi tangan selalu berada diatas bola dalam melakukan dribble. Posisi awal medribble bola tangan yang satu sisi dengan kaki yang ditarik kebelakang saat melakukan dribble diusahakan satu kaki ditarik ke belakang Saat melakukan dribble serta tangan yang saru lagi melindungi bola, padangan mata kedepan dan tidak melihat bola serta lakukan latihan dengan menggunakan tangan kiri dan kanan secara bergatian.
Dibawah ini ada beberapa jenis dribble yang digunakan dalam bola basket :

CONTROL DRIBBLE
Bila lawan menjaga  dekat  dekat dengan anda  kita harus melakukan kontrol dribble, pemain harus menjaga posisi tubuh selalu berada antara bola dan penjaga atau defender serta dribble bola serendah-rendahnya ke lantai, di belakang dan dekat dengan badan. lengan yang tetap  lurus di depan badan dan bola guna menjaga dari defender.

Speed Dribble
Speed Dribble adalah cara malakukan dribble atau menggiring bola  dengan cepat,. Dorong bola ke depan dan pantulkan kelantai setinggi pinggang   Seperti biasa, kepala dan pandangan selalu mengarah ke depan atau memperhatikan seluruh lapangan sehingga dapat melihat pergerakan teman satu team. Lakukan latihan dengan cepat tapi bukan terburu-buru




Crossover Dribble
Crossover dribble adalah cara dribble dengan melakukan perpindahan tangan dari kiri ke kanan dengan pantulan kelantai didepan tubuh kemudian melakukan dribble dengan tangan berlawanan. Dribble ini di gunakan untuk melakukan perubahan arah dribble dengan cepat di lapangan, sebagai contoh anda melakukan dribble disamping tangan kanan  lalu melakukan crossover ke tangan kiri dan melakukan dribble.


Spin Move Dribble
Spin move dribble merupakan pergerakan dribble yang baik disaat menghadapi penjagaan/defender untuk membuka ruang bergerak di lapangan. Ketika melakukan spin move dribble/reverse dribble tumpuan kaki yang akan menjadi poros harus selalu didepan dan lakukan pantulan bola yang agak keras serta tarik bola dengan cepat  disekita tubuh tapi harus hati-hati tangan memegang bola tidak boleh berada dibawah bola karena itu merupakan pelanggaran. Kemudian melanjutkan mendribel berlawanan dengan tangan.

No Response to "DRIBBLING"

 
powered by Blogger | For Blogservices